pengusaha terkaya di indonesia

Pandemi Covid-19 menimbulkan dampak krisis yang luar biasa bagi bisnis Indonesia. Tidak hanya menjatuhkan ekonomi masyarakat menengah dan bawah, juga berdampak terhadap ekonomi orang orang terkaya di Indonesia. Pandemi ini telah mengganggu pertumbuhan ekonomi, merontokkan harga saham dan harga komoditi unggulan, sehingga pendapatan beberapa konglomerat terpuruk, utang membengkak sehingga mempengaruhi nilai kekayaannya.
Menurut riset CDMI Consulting, sebelum terjadinya Covid-19, yaitu tahun 2018 dan 2019 pendapatan konglomerat Indonesia melalui gurita bisnisnya  meningkat tajam, sehingga menambah pundi pundi kekayaan mereka. Tapi ditahun 2020 akibat pandemi, semua telah berubah, hampir 60 persen dari daftar 55 pengusaha terkaya di Indonesia hartanya menurun. Ada penurunan yang hanya sedikit dan ada yang turun sangat tajam, sehingga beberapa dari mereka tidak lagi masuk dalam deretan pengusaha terkaya di Indonesia pada tahun 2020.

Berikut 10 daftar pengusaha terkaya di Indonesia

1. Hartono Bersaudara

Memiliki total kekayaan Rp 583,8 T masih menempati posisi pertama dan kedua sebagai pengusaha terkaya di Indonesia hingga saat ini. Mereka adalah Budi Hartono dan Michael Hartono.

Sebagai pemilik / afiliasi Grup Djarum, BCA dan Menara Nusantara tidak heran jika memiliki berbagai bidang usaha yang menjadikan mesin penghasil uang.

2. Keluaga Eka Tjipta Widjaja

Urutan Ketiga dengan total kekayaan Rp 217,2 T adalah dari mendiang keluarga Eka Tjipta Widjaja yang memiliki berbagai usaha di bidang properti, kertas, kelapa sawit, jasa keuangan, pertambangan dan telkomunikasi.

3. Anthoni Salim

 Anthoni Salim adalah anak dari Sudono Salim pemilik Salim Group. Kekayaan Anthoni Salim saat ini mencapai Rp 91 T dan menjadi pengusaha terkaya di posisi keempat. Salah satu perusahaan yang masuk dalam Salim Group adalah PT. Indofood Sukses Makmur Tbk (INDF).

4. Prajogo Pangestu

Berada diposisi kelima dengan total kekayaan Rp 79,5 T dialah Prajogo Pangestu. Berawal dari seorang sopir dan berahli profesi sebagai seorang karyawan disebuah perusahaan perkayuan dan hingga akhir beranikan diri untuk keluar dan mendirikan perusahaan sendiri dibidang yang sama sebelum melebarkan bisnisnya dibidang properti, petrokimia, energi, dan sawit hingga sekarang ini.

5. Jogi Hendra Atmadja

Selanjutnya dengan total kekayaan Rp 74,6 T pengusaha yang bergerak dibidang indusri makanan ringan  ini berkat Mayora Group menjadikan peringkat keenam sebagai pengusahan terkaya di Indonesia.

6. Susilo Wonowidjojo

Anda pasti sudah tidak asing dengan merek Gudang Garam. Susilo Wonowidjojo merupakan presiden direktur (presdir) dari perusahaan tersebut. Kekayaannya saat ini diketahui senilai Rp 70,5 T.

7. Sri Prakash Lohia

Sri Prakash Lohia meraih kesuksesan sebagai orang terkaya di Indonesia lewat bisnis petrokimia miliknya, Indorama. Sri Prakash Lohia merupakan warga negara India yang pindah ke Indonesia pada tahun 1970an. Saat ini kekayaannya mencapai Rp 67,7 T. Sumber kekayaan utamanya berasal dari produksi polyethylene terephthalate (PET) dan bisnis petrokimia lainnya.

8. Boenjamin Setiawan

Boenjamin Setiawan adalah seorang ahli farmasi yang mendirikan salah satu perusahaan obat-obatan terbesar di Indonesia, Kalbe. Kekayaannya saat ini sudah mencapai Rp 66,1 T dan mempatkan sebagai orang terkaya ke sembilan di Indonesia.

9. Chairul Tanjung

Orang terkaya berikutnya ini dikenal dengan sebutan anak singkong. Siapa sangka saat ini kekayaannya sudah mencapai Rp 62,5 T. Kekayaan tersebut didapat dari perusahaan miliknya yang tergabung dalam CT Corp.

10. Bachtiar Karim

Sumber kekayaan utamanya adalah bisnis kelapa sawit yang dikendalikannya melalui perusahaan bernama Musim Mas. Dengan total kekayaan Rp 52,8 T

Itulah 10 pengusaha terkaya di Indonesia. Lantas siapa saja kah 45 pengusaha terkaya lainnya?

Selengkapnya bisa dibaca di buku “Kinerja 55 Pengusaha Terkaya di Indonesia, 2021” segera miliki sekarang juga hanya CDMI Consulting.