perusahaan kelapa sawit

Menjalani bisnis perkebunan kelapa sawit memang sangat menjanjikan bagi kehidupan masyarakat Indonesia, baik untuk saat ini hingga masa yang akan datang. Maka tidak heran daftar perusahaan kelapa sawit di Indonesia sangatlah banyak, mereka memiliki lahan perkebunan dan pabrik sendiri untuk mengelola hasil kelapa sawit seperti CPO, minyak kelapa sawit, dan produk lainnya yang nantinya di ekspor berbagai negara dan juga untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia.

Wilayah-wilayah di Indonesia terutama Pulau Sumatera dan Kalimantan merupakan wilayah yang paling berpotensi untuk mengembangkan bisnis kelapa sawit, selain masih banyak lahan kosong dan kelapa sawit ini tumbuh subur di sana. Usaha kelapa sawit juga merupakan salah satu penggerak perekonomian.

Selain di wilayah Sumatera dan Kalimatan, perusahaan yang bergerak di sektor kelapa sawit ini tersebar di berbagai pulau di Indonesia meskipun jumlah perusahaannya tidak sebanyak di kedua Pulau tersebut. Misalkan saja di Pulau Sulawesi hanya ± 76 perusahaan, Jawa ± 68 perusahaan, Papua ± 49, dan pulau lainnya sekitar ± 4 perusahaan semuanya berpotensi mengembangkan bisnis ini.

Sektor bisnis kelapa sawit sangat menjanjikan karena keuntungan yang didapatkan sangat besar, sehingga banyak sekali orang yang ini membudidayakan tanaman ini dari kalangan masyarakat biasa dengan lahan sempit hingga perusahaan-perusahaan besar yang bergerak di sektor lain yang tergiur untuk terjun dan berinvestasi mengembangkan bisnis ini.

Rasa keingintahuan yang tinggi mendorong sebagian orang untuk mempelajari bisnis ini, ada yang langsung datang ke pabrik untuk melihat langsung prosesnya atau dengan melakukan kerjasama dan ekspansi bagi perusahaan besar yang ingin melebarkan bisnis usahanya.

Melihat minat bisnis kelapa sawit yang cukup tinggi, CDMI Sebagai perusahaan konsultan bisnis dan riset telah membuat sebuah buku direktori mengenai daftar perusahaan kelapa sawit di Indonesia yang berisikan lebih dari 1.500 perusahaan yang telah diperbaharui datanya. Berisi tentang alamat perusahaan, pabrik, luas kebun, kapasitas produksi berikut informasi lainnya yang di indek berdasarkan nama perusahaan, lokasi perusahaan dan produk yang dihasilkan.

Berikut beberapa nama perusahaan kelapa sawit yang terdaftar di buku direktori CDMI seperti PT Agro Jaya Perdana, PT Berlian Ekasakti Tangguh, PT Bumitama Gunajaya Agro, PT Indogreen Jaya Abadi, PT Intiboga Sejahtera, PT Kahayan Agro Plantation, PT Megasurya Mas, dan PT Sinar Alam Permai.

Buku direktori ini sangat berguna untuk industri sawit, baik dalam negeri maupun luar negeri. Bagi industri lain pun buku direktori ini bisa memberikan infromasi penting misalkan industri perbankan/pembiayaan bisa memberikan pinjaman kepada perusahaan sawit yang ingin melebarkan bisnisnya, industri pupuk memberikan kerjasama mengenai pendistribusian pupuk, atau industri alat berat yang bisa memberikan kerjasama mengenai penyediaan alat pengangkutan hasil kelapa sawit ke pabrik dan industri pendukung lainnya.

Baca Juga : Potensi Bisnis Industri Minyak Goreng Indonesia