perusahaan tepung terigu

Sektor industri tepung terigu nasional terus tumbuh. Terlebih, setelah pemerintah menerapkan beberapa aturan yang ketat pada industri tepung terigu di dalam negeri.  Berikut ini adalah perusahaan yang bergerak di industri tepung terigu.

1. PT. INDOFOOD SUKSES MAKMUR Tbk.

PT. Indofood Sukses Makmur Tbk. merupakan perusahaan yang bergerak dibidang industri pengelolaan makanan dan minuman. Awalnya perusahaan yang didirikan bernama PT Panganjaya Intikusuma pada tahun 1990, kemudian berubah nama menjadi PT Indofood Sukses Makmur dan yang akhirnya melakukan pencatatan saham di BEI dengan kode INDF. Pemegang Saham utama dimiliki oleh First Pacific Investment Management Limited sebesar 50,07% dan sisanya dipegang oleh publik 49,93%

Perusahaan ini mengklasifikasikan bisnisnya menjadi lima segmen: produk konsumen bermerek, bogasari, agrobisnis, distribusi serta budi daya dan pengolahan sayuran. Perusahaan menjalankan bisnis produk konsumen bermereknya melalui anak perusahaannya, PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk (ICBP). Produk-produk ICBP mencakup produk susu, makanan ringan, biskuit, bumbu penyedap makanan, minuman serta makanan khusus dan bernutrisi. Bisnis bogasarinya terdiri dari produksi tepung gandum dan pasta. Beberapa merek utama bogasarinya adalah Cakra Kembar dan Segitiga Biru. Segmen agrobisnisnya mencakup budi daya minyak kelapa sawit dan penggilingan serta produksi minyak goreng, margarin, dan mentega bermerek.

2. PT EASTERN PEARL FLOUR MILLS

PT Eastern Pearl Flour Mills merupakan perusahaan tertutup yang didirikan pada tahun 1972, bergerak dibidang industri pengolahan biji gandum menjadi tepung terigu. Seiring dengan strategi perkembangan bisnis perusahaan pada tahun 2005 menjadi bagian Group Interflour dan mengubah nama menjadi Eastern Pearl Flour Mills. Selama 50 tahun berdiri perusahaan ini merupakan salah satu produsen tepung terigu terkemuka di Indonesia dengan produk-produk yang tersebar di seluruh Nusantara.

3. PT. BUNGASARI FLOUR MILLS INDONESIA

PT Bungasari Flour Mills Indonesia, perusahaan patungan antara Toyota Tsusho Corp sebesar 30% (anak usaha Toyota Motor Corp) dari Jepang dan FKS Group dari Indonesia sebesar 40% serta Malayan Flour Mills Bhd sebesar 30% dari Malaysia. Perusahaan ini mulai beroperasi pada tahun 2014 dengan kapasitas produksi 2.600M/T perhari, 686.400 M/T pertahun (dasar tepung terigu) dan 858.000 M/T pertahun (dasar gandum).

4. PT. SRIBOGA FLOUR MILLS

PT Sriboga Raturaya berdiri pada tahun 1995 sebagai pelopor dalam memproduksi terigu bernilai gizi tinggi di Indonesia, kemudian pada tahun 2011 melakukan pemisahan usaha menjadi unit usaha bernama PT Sriboga Flour Mill. Saat ini PT Sriboga Flour Mill telah berkembang dari pabrik terigu menjadi produsen bahan makanan, menjadi salah satu dari lima produsen terigu terbesar di Indonesia dan memimpin dalam inovasi untuk produk terigu khusus. Sedangkan PT Sriboga Raturaya saat ini berubah menjadi Induk perusahaan yang menaungi banyak anak perusahaan, dan anak perusahaan tersebut salah satunya adalah PT Sriboga Flour Mill.

5. PT. PANGANMAS INTI PERSADA

PT. Panganmas Inti Persada didirikan pada tahun 1995 dan mulai mengoperasikan produksinya pada awal Februari 1997. Dari satu butir gandum, kemudian germinasi, tumbuh dan menghasilkan buah benih peradaban modern. Berasal dari rantai biji-bijian ini PT. Panganmas Inti Persada menghasilkan berbagai tepung berkualitas handal dengan berbagai pilihan yang memperkaya cita rasa industri makanan di Indonesia.

6. PT. CERESTAR FLOUR MILLS

PT Cerestar Flour Mills didirikan pada tahun 2007 sebagai perusahaan penanaman modal asing, untuk memenuhi permintaan tepung terigu yang terus meningkat di Indonesia dan negara-negara tetangga. Pabrik ultra modern Cerestar dengan teknologi penggilingan mutakhir, memulai produksinya pada Maret 2010.

7. PT. PUNDI KENCANA FLOUR

PT. Pundi Kencana mulai beroperasi pada bulan Oktober 2009 dengan lokasi pabrik bertempat di Cilegon, Banten dan lokasi kantor pusat di Tanah Abang, Jakarta. Produk tepung terigu yang dihasilkan dari PT. Pundi Kencana antara lain: Lonceng Emas, Lonceng, Lonceng Merah, Peacock Biru, Perdana, Mila Serbaguna, Mila, Tegu, Perisai, Kecapi dan Mila.

8. PT. AGRI FIRST INDONESIA

PT Agri First Indonesia merupakan bagian dari Cerestar Group diakuisisi pada tahun 2018, PT Agri First Indonesia untuk mendukung produksi dan memenuhi kebutuhan tepung terigu di Indonesia bagian utara. Fasilitas canggih yang sepenuhnya dimodernisasi ini dibangun di atas visi yang sama untuk ‘menciptakan nilai di luar tepung’ dan pernyataan misi yang sama tentang ‘kualitas yang konsisten setiap saat’ dan efisiensi biaya.

PT Agri First Indonesia berlokasi strategis di Medan, cukup dekat dengan pelabuhan laut dalam, memungkinkan Agri First Indonesia menerima pengiriman gandum dalam kapal panamax penuh 70.000 MT. Pabrik Medan memiliki luas lahan 4Ha dan kapasitas produksi 370 MT per hari.

Bagi Anda yang ingin mengetahu informasi lengkap seputar potensi bisnis dan pelaku utama industri gandum dan tepung terigu, bisa Anda miliki bukunya hanya di CDMI Consulting.

Sumber: dari berbagai sumber.