kartu kredit

Perkembangan bisnis kartu kredit di Indonesia terlihat semakin marak dalam enam tahun terakhir (2014 – 2019), seiring perkembangan gaya hidup (lifestyle) masyarakat kota besar yang mengikuti trend penggunaan kartu kredit di pasar global. Hal ini tercermin dari kinerja industri kartu kredit yang tumbuh signifikan selama periode tersebut, baik pertumbuhan jumlah kartu beredar, banyaknya kartu kredit baru yang diluncurkan, dan besarnya nilai transaksi kartu kredit.

Berdasarkan data teraktual Bank Indonesia (BI), hingga tahun 2019 jumlah perusahaan penerbit kartu kredit di Indonesia sebanyak 25 perusahaan. Lembaga perbankan masih mendominasi yaitu sebanyak 23 bank, terdiri dari 14 bank swasta nasional, 3 bank BUMN, 4 bank asing, 1 bank campuran, dan 1 bank syariah. Selebihnya hanya ada 2 perusahaan pembiayaan yang menerbitkan kartu kredit di Indonesia.

Bisnis kartu kredit di Indonesia diwarnai ketatnya persaingan diantara para pelaku pasar. Menurut riset CDMI Consulting, sepuluh bank papan atas yaitu Bank BCA, Bank CIMB Niaga, Bank Mandiri, BNI dan BRI saling memperebutkan nilai bisnis kartu kredit tersebut. Tahun 2019 lalu nilai transaksi kartu kredit sebesar Rp. 332,15 triliun atau meningkat 5,68 persen dibanding tahun sebelumnya Rp. 314,29 triliun.

Baca Juga : Pertumbuhan Industri Pembiayaan Mengalami Tren Positif

Sementara Bank Mega, Citibank, StanChart Bank, HSBC Bank, Bank Danamon market share nya terlihat terus meningkat karena memiliki keunggulan kartu kredit tersendiri. Dalam beberapa tahun terakhir bisnis kartu kredit Indonesia juga diramaikan hadirnya sejumlah pendatang baru, seperti Bank Sinarmas, Bank MNC, dan yang terbaru Bank Mayapada Internasional yang mulai menerbitkan kartu kredit pada 2018.

Sementara itu dari perbankan syariah dipelopori BNI Syariah yang sejak 2010 sudah terjun di bisnis kartu kredit syariah, diikuti CIMB Niaga Tbk (Unit Usaha Syariah) yang sejak 2018 mulai meluncurkan kartu kredit syariah. Sementara dari perusahaan pembiayaan, tercatat ada PT AEON Credit Service, dan yang terbaru meluncurkan kartu kredit pada 2017 yaitu PT Shinhan Indo Finance.