konsultan bisnis

Dalam dunia bisnis, konsultan bisnis merupakan suatu pekerjaan yang sering dicari oleh kalang pelaku usaha baik  pemula atau pun perusahaan besar, biasanya konsultan bisnis dipekerjakan untuk membantu mereka menjalankan bisnisnya terus berkembang dan maju.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, Konsultan adalah ahli yang bertugasnya memberikan petunjuk, pertimbangan atau nasihat dalam suatu kegiatan (penelitian, dagang, dan sebagainya). Maka secara harfiahnya, konsultan bisnis adalah seorang yang ahli bertugas memberikan petunjuk, pertimbangan, referensi terhadap suatu bisnis.

Namun dalam memilih dan menentukan konsultan bisnis harus jeli dan tepat sesuai dengan bisnis atau perusahaan Anda. Berikut tips memilih konsultan bisnis yang baik agar dapat membantu kebutuhan bisnis Anda.

1. Cek Background Konsultan Bisnis 

Hal pertama dalam memilih konsultan bisnis sebaiknya Anda mengecek latar belakang dari calon konsultan. Cari tahu tentang perusahaan konsultan bisnis tersebut. Apakah terdaftar secara legal, hal ini untuk menjamin konsultan tersebut terpercaya dan legal. Jadi Anda merasa Aman.

2. Pahami Peran dan Pekerjaan dari Konsultan Bisnis 

Sebelum Anda memutuskan untuk menggunakan konsultan bisnis, sebaiknya Anda terlebih dahulu memahami apa peran dan pekerjaan dari seorang konsultan. Hal ini penting karena agar paham cara kerja dari konsultan bisnis selain itu juga mempermudah berkomunikasi.

Anda tahu apa yang harus disampaikan tentang masalah Anda. Kemudian Anda paham bagaimana konsultan bisnis membantu Anda. Jadi proses penyelesaian masalah jadi cepat.

3. Kompetensi dan Pengalaman

Kompetenis dan Pengalaman adalah tolak ukur dalam menentukan konsultan bisnis. Dengan memiliki kompetensi dan pengalaman tentunya konsultan bisnis memiliki jam terbang yang tinggi dalam menangai permasalahan klien.

CDMI merupakan salah satu konsultan yang telah menangai beberapa perusahaan besar baik pemerintahan, swasta dan asing. Selain itu juga setiap tahunnya kami selalu mengeluarkan berbagai referensi studi untuk membantu para perusahaan atau pelaku bisnis melihat perkembangan dan proyeksi bisnis yang sedang mereka jalankan atau yang akan mereka jalankan.

Anda bisa melihat klien-klien kami yang telah menggunakan jasa kami dan membeli studi referensi kami.

4. Harga dan Pelayanan 

Yang terakhir adalah harga dan pelayanan. Anda bisa mengecek harga konsultan bisnis berikan apa wajar dengan kompetenis, pengalaman dan pelayanan. Tidak dipungkiri untuk membayar seorang konsultan bisnis membutuhkan biaya yang besar tetapi Anda bisa menegosisasikan tarif yang ditawarkan agar sesuai dengan dana yang Anda miliki.

Dari keempat cara diatas semoga dapat menjadi acuan dalam menentukan dan memilih jasa konsultan bisnis yang baik. Jika Anda ingin tahu mengenai tentang jasa konsultan kami bisa menghubungi kontak kami.